allinonegarage

Program Java Hello World ( Program Pertama )

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang setting path java pada Windows, jika sudah berhasil , sekarang kita akan mencoba membuat program sederhana dengan Java.

Program ini akan menampilkan tulisan Hello World pada layar command prompt, listing code nya cukup sederhana, langsung saja kita mulai.


Buka editor anda ( notepad, wordpad, notepad++ dll ), kemudian salin code seperti dibawah ini, dalam contoh ini Saya memakai Notepad++ .



Setelah listing code selesai di tulis simpan file tersebut dengan extensi .java ( dalam contoh disimpan dengan nama Hello.java ).

PERLU DIINGAT !!!
dalam menyimpan file penamaan harus sesuai dengan pendeklarasian class ( lihat Line 1 pada listing program [ public class Hello {} ]  , pada listing class dinamakan Hello sehingga ketika menyimpan file harus diberi nama Hello dan pada [ Save as type ] harus diganti menjadi all files agar bisa dicompile ). --> penjelasan mengenai Java Class.


Compile program.
Listing yang kita tulis tadi perlu di compile agar code tadi berubah dari source code ( .java) berubah menjadi JAVA bytecode ( .class ) sehingga bisa dibaca oleh virtual machine , caranya

Buka command prompt anda , dan cari directory dimana anda menyimpan file listing code yang telah dibuat ( Hello.java),  dan berikan perintah didepan file sourcecode:

[ javac file_sourcecode ]

contoh :

buka directory penyimpanan file source code Java ( file .java ).


Kemudian buka command prompt, masuk di directory dimana anda menyimpan file java anda ( Hello.java , ketikkan perintah [ javac nama_file.java ] .









Jika berhasil maka akan muncul tampilan diatas, namun jika terjadi error akan muncul notifikasi dalam prompt, penjelasan mengenai error dan handling error dijelaskan dalam halaman berikut.

Dan buka folder penyimpanan file java anda, disitu muncul satu buah file dengan nama Hello.class , file ini merupakan file bytecode yang berasal dari proses compilasi, dan file inilah yang akan dibaca dan di ekseskusi oleh Virtual Machine .



Proses compilasi sudah selesai , sekarang kita bisa mengakses dan menjalankan program yang kita buat, masukkan perintah  java dilanjutkan bytecode hasil compilasi [ java bytecode ], maka dalam prompt akan muncul tulisan [ Hello World ], gambar visualnya seperti di bawah ini.



Ini merupakan program yang sangat sederhana, untuk penjelasan mengenai fungsi code dan listing program diatas silahkan menyimak bab selanjutnya.

RESUME :

Langkah - langkah

1. Buka editor.
2. Tulis listing program dan simpan dengan extensi .java
3. Compile agar menjadi bytecode dengan perintah [ javac filename_sourcecode ]
4. Akses program dengan perintah [ java filename_bytecode ]








0 comments:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum