allinonegarage

Bagaimana cara Setting path Java Pada Windows


Jika pada post sebelum ini t-hybrid mengulas tentang instalasi JDK pada windows, sekarang saat nya untuk setting path java agar perintah Java bisa dikenali oleh command prompt Windows, sebagai contoh kita akan menjalankan perintah compilasi sebuah source code java dengan perintah "javac" , buka command prompt pada windows anda tentunya Rekan-Rekan semua dah tahu cara membuka command prompt kan?? tentu sudah , tapi bagi yang belum tahu caranya , bisa dengan cara klik tombol Star --> All Program --> Command prompt , atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard bersamaan dengan tombol R ( tmbl Windows + R ), maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

setting path java di windows

setelah command prompt keluar kita bisa coba ketikkan sebuah perintah java , kita ketikkan perintah untuk mengcompile sebuah source java yaitu [ javac ]  kemudian tekan enter

setting path java di windows
 
maka dalam command prompt akan muncul  [ 'javac' is not recognized as an internal or external command , operable program or batch file. ]  , artinya perintah tersebut belum dikenali oleh windows.

SETTING PATH JAVA

Buka System propertise pada windows ,untuk win XP [ klik kanan my computer --> propertise] atau dengan shortcut [ tekan tombol windows + pause break ] sedangkan untuk win 7  [ klik kanan my computer --> propertise --> Advance System Setting]   , setelah sytem propertise muncul kemudian pilih [ advance --> environment variables] , dapat dilihat seperti gambar di bawah ini:

setting path java di windows


setelah anda meng klik [ environmen variable ] , maka akan muncul form environtment variable

setting path java di windows

buatlah path baru pada user variable [ klik tombol new ] kemudian isikan pada variable name [ JAVA_HOME ] , kemudian pada variables value direktori instalasi JDK , dalam contoh t-hybrid menginstal di direktori [ C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_09 ] kemudian klik ok.

setting path java di windows

Lanjutkan dengan meng edit path pada system variables , pilih path pada list system variables kemudian [ klik edit ] , tambahkan di belakang variable value yang sudah ada dengan  ;,; dan direktori dimana bin terinstal [ ;,;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_09\bin] , PENTING !!! tanda [;,;] wajib dipakai . setelah selesai klik ok.

setting path java di windows


 sekarang coba lagi untuk mengetikkan perintah compilasi java sperti diawal

setting path java di windows


maka semua atribut - atribut java akan muncul, itu berarti windows anda mengenal perintah JAVA, dan Rekan- Rekan semua bisa memulai untuk mencoba membuat program java, bisa dimulai dengan membuat program yang sederhana untuk mengetesnya, bisa dicoba dengan HelloWord.java.





0 comments:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum